Monday, February 2, 2015

Pembangkit Listrik Tenaga Panas Knalpot (Termoelectric Generator Exhaust Gas)

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas Thermoelekrik Generator (TEG) atau yang sering kita dengar dengan elemen peltier, sebelum mengenal peltier saya akan menjelaskan sedikit sistem kerja kali ini yang akan saya bahas, jadi TEG atau Termoelectric Generator yang saya buat yaitu memanfaatkan panas dari kenalpot speda motor yang akan di rubah menjadi tenaga listrik dapat di gunakan berbagai macam tentunya listrik itu sangat di butuhkan oleh kita contoh hal yang paling sederhananya saja. Sehari-hari kita pasti mencarger hp sopasti kan nah itu pasti butuh listrik juga untuk mengisi batrai hp.

Lanjut ke pembahasan lagi. Apa itu peltier? Peltier adalah elemen panas dingin yang biasa di gunakan untuk mendinginkan air yang biasa ada pada dispenser. 

Thermoelektrik generator di temukan oleh seebeck atau yang sering di kenal dengan seebeck efek. sistemnya kebalikan dari peltier efek ketika peltier di kasih panas dan dingin di setiap sisisnya maka pada elemen tersebut akan mengdapat perbedaan temperatur sehingga pada elemen peltier dapat mengeluarkan energi listrik.

Pada kesempatan kali ini saya akan memanfaatan panas gas buang speda motor untuk menghasilkan sumber energi listrik dengan menggunakan elemen peltier atau kebalikannya dari peltier yaitu Thermoelekrik Generator (TEG) pada speda motor terdapat panas yang terbuang percumah.

Pertama-tama yang perlu di siapkan adalah balok alumunium yang sudah di bentuk persegi panjang dengan ukuran 100x50x50 mm dan di lubangi tengahnya dengan diameter 30 mm penampakannya seperti yang dibawah ini :D
ini berfungsi untuk memindahkan panas dari knlpot ke peltier.

 Alumunium yang di gunakan untung memanfaatkan panas gas buang speda motor 

Selanjutnya membuat leher knlpot yang di sesuaikan dengan posisi TEG yang akan dipasang pada speda motor bisa di buat di tukang knalpot.

Exhaust Gas Pipe and Alumunium

Setelah jadi sperti itu pasangkan peltier dengan mengunakan pasta pada sisi-sisnya agar panasnya dapat langsung ke elemen peltier tersebut, dan di pasang headsink pada sisi dingin peltier agar perbedaan temperaturnya bisa maksimal. delta T yang di hasilkan besar maka arus yang dikeluarkan pun akan besar.

TEG Exhaust Pipe
Oke semua sudah siap dan di pasang pada speda motor,,,,,
lanjutkan di pasang pada speda motor dengan cara memasang silencer exhaust gas tersebut, untuk mengetahui tegangan dan arus yang dihasilkan. jangan lupa di kipasin ya agan agan. kalo dalam kendaraan diam.
Ini yang saya lakukan pada motor honda c70 pitung mesinnya sudah menggunakan honda supra.

Ujicoba Alat TEG Exhaust Pipe
Untuk hasilnya yang saya dapatkan dari uji coba selama ini yaitu mampu mendapatkan voltase sebesar 9 volt dan arus sebesar 1 A. Nah buat agan dan sista Selamat mencoba di rumah di sekolah di kampus maupun dimana aja kalian berada :D






No comments:

Post a Comment